Kawasan Lindung Aceh

Kawasan lindung di Aceh mencakup sebagian besar wilayah, mulai dari utara sampai selatan dan dari timur ke barat. Kawasan lindung ini berupa cagar alam, hutan lindung, hutan produksi, suaka margasatwa, taman wisata alam, taman buru, taman hutan rakyat, dan areal penggunaan lainnya.
Kawasan Ekosistem Leuser termasuk kawasan lindung di Provinsi Aceh yang merupakan salah satu kawasan hutan tropis terkaya di dunia. Kawasan seluas dua setengah juta hektar ini terdiri dari kawasan hutan dataran rendah yang megah, tanaman alpin, rawa-rawa air tawar, lembah, dan gunung berapi. Di samping keanekaragaman hayati yang unik dan bernilai tinggi, kawasan ini juga berperan sebagai sistem penyangga kehidupan empat juta orang yang bermukim di sekitarnya. Fungsi yang merupakan jasa ekologi ini, menurut kajian Beukering and Caesar (2000), bernilai lebih dari Rp. 1,9 triliun per tahun.
Kawasan lindung perlu ditata dalam suatu pola ruang dengan pemanfaatan fungsi pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Selain itu, dapat dibangun struktur yang dapat mempertahankan dan meningkatkan manfaat fungsi lindung, seperti: bangunan pemecah gelombang di laut dan retaining wall di perbukitan.

Gambar 5. Kawasan Lindung di Provinsi Aceh

Who's online

There are currently 0 users and 19 guests online.

Who's new

  • nurul
  • Nani
  • hendra

Dibangun oleh :

Didukung oleh :